Awas!!! Jangan Pernah Remehkan 5 Mitos Ini Atau Hidup Kalian Akan Penuh Dengan Ancaman

Faktaunik.net - Meskipun teknologi sudah sedemekian canggih, namun hal tersebut tak menjadi halangan oleh kebanyakan orang yang mempercayai sesuatu yang sifatnya tak logis. Baik itu sebuah mistis, gaib, mitos, dan sebagainya. Bahkan yang namanya mitos masih menjadi buku kehidupan sehari-hari jika keberadaanya masih sangat diyakini.


Beberapa orang-orang Indonesia seperti apa yang telah dikutip oleh kompas.tv (04/02/2016) lalu, khususnya masih mempercayai keberadaan mitos yang diturunkan oleh orang tua terdahulu. Berikut 5 mitos yang masih dipercaya hingga kini.

1.  Jangan Menetesi Darah Orang Mati dengan Air Jeruk

Ada sebuah mitos di masyarakat tentang larangan meneteskan air jeruk kedarah orang yang meninggal. Katanya hal ini akan menyakitkan mereka yang sudah mati, sebagai gantinya akan menuntut balas kepada pelakunya. Terdengar seperti omong kosong memang tapi namun konon hal ini memang pernah terjadi.

2. Hindari Membawa Telur Ayam Kampung Melewati Hutan di Malam Hari

Mitos ini konon sangat terkenal di Kalimantan, banyak orang yang sering di wanti-wanti agar tidak membawa telur ayam kampung saat melewati hutan di malam hari. Alasannya telur tersebut akan diincar oleh makhluk halus penunggu hutan.

3. Jangan Melangkahi Pohon Bambu yang Menunduk Saat Magrib

Mitos jawa ini masih dipercayai hingga sekarang dan sepertinya tak perlu dibuktikan kebenarannya. Melangkahi bambu menunduk saat magrib, konon kita akan hilang secara misterius, hilang karena diculik oleh makhluk halus dan takkan pernah kembali.

4. Jangan Pernah Menyanyikan Tembang Durma

Tembang durma atau lengkapnya durma macapat adalah bait lagu jawa yang mengandung unsur magis tertentu. Banyak mitos yang beredar mengenai lagu ini yakni larangan untuk menyanyikannya karena bait ini konon disukai banyak makhluk halus. Barangsiapa yang sekali menyanyikan maka tak akan mudah untuk lepas begitu saja.

5. Jangan Menghina Patung Patung Kayu di Kalimantan

Ketika singgah di daerah Kalimantan maka kita akan banyak menjumpai rumah-rumah yang didepannya ada semacam patung-patung kayu. Nah, mitosnya jangan sesekali menghina patung-patung kayu tersebut. Pasalnya patung-patung kayu tersebut ada penunggunya dan akan mengganggu si pengumpatnya kemanapun ia pergi.

Intinya hormati kebudayaan setempat serta hidup  dengan normal tanpa penasaran dengan hal-hal seperti ini. Berbekal hal ini kita akan selamat dimanapun kita berada.