Kamu Pasti Sering Lakukan Kebiasaan Buruk Ini Di Malam Hari Kan?? Awas Ternyata Bisa Bikin Buta Loh !! Mau Tahu Kenapa??

Disadari atau tidak, ada beberapa kebiasaan manusia yang ternyata memiliki efek buruk bagi kesehatan. Tak hanya efek buruk, bahkan fatal!




Nah, salah satunya yang akan kita bahas saat ini adalah kebutaan. Kebutaan yang akan dibahas ini adalah kebutaan sementara sekitar 15 menit yang diakibatkan oleh kebiasaan buruk yang dilakukan terus menerus oleh seseorang.

Padahal secara medis, dokter sudah memberikan larangan untuk tidak melakukan kebiasaan-kebiasaan ini karena dapat menyebabkan kebutaan. Salah satunya adalah chatting di malam hari dengan suasana gelap selama berjam-jam. Terutama jika kondisi seperti detasemen retina terjadi. Apa itu?

Ini adalah kondisi di mana retina terlepas dari bagian belakang mata. Chatting atau bermain ponsel terus-terus menerus di malam hari dalam kondisi gelap dapat memicu kondisi tersebut. Tanpa perawatan yang tepat, kondisi tersebut akan memicu kebutaan.

Kita tahu bahwa retina sangat peka terhadap cahaya dan bertugas mengirim pesan ke otak melalui saraf optik. Jika Anda tiba-tiba berkedip di garis pandang, maka ini adalah tanda umum untuk menunjukkan bahwa retina telah terlepas.

Untuk itu, bermain ponsel di malam hari bukan hanya akan mengganggu tidur namun juga dapat menyebabkan kebutaan yang mengerikan. Sekarang lihat bagaimana efek buruk ponsel pada mata Anda!

1. Fakta pertama

 Berbaring miring ke satu sisi dan melihat atau bermain ponsel dapat menyebabkan satu mata terfokus pada layar. Sedangkan mata lainnya terblokir sebagian atau seluruhnya. Ini akan mengakibatkan kerusakan mata yang tidak seimbang antara mata kanan dan kiri.
Dengan demikian, satu mata akan bersusah payah untuk menyesuaikan dengan cahaya dan yang lainnya dengan kegelapan. Perhatikan dan bayangkan bagaimana dua mata yang seharusnya bekerja sama harus mengoptimalkan dua pekerjaan yang berbeda.


font-size: inherit; font-stretch: inherit; font-style: inherit; font-variant: inherit; font-weight: inherit; line-height: inherit; margin: 0px 0px 15px 15px; padding: 0px; vertical-align: baseline;">
sans-serif;">
Ini juga menjadi pemicu mengapa banyak orang mengalami mata minus kiri dan kanan yang berbeda.

2. Fakta kedua

Ketika Anda sudah tidak lagi bermain ponsel alias ponsel sudah mati, maka akan terjadi kebingungan yang dialami oleh otak. Pasalnya, retina yang bertugas menyampaikan pesan ke otak melalui saraf optik menjadi kacau.

Satu mata telah disesuaikan dengan cahaya terang seakan siang hari, sedangkan satu lagi disesuaikan dengan kegelapan.

3. Fakta ketiga

 Jangan pernah membanjiri ponselmu dengan corak atau wallpaper yang penuh dengan warna biru. Atau jangan terlalu sering berselancar dengan tampilan yang dominan warna biru.

Menurut penelitian, cahaya biru yang dipancarkan oleh ponsel di malam hari, khususnya saat dalam gelap akan lebih merusak mata ketimbang yang lainnya.

Tingkat keparahan kerusakan yang disebabkan oleh paparan sinar biru sepanjang malam menjadi jelas dan terbukti. Karena orang-orang terpengaruh dengan tingkat kerusakan mata yang tinggi. Inilah salah satu penyebab utama kebutaan mendadak.

4. Fakta keempat

Fakta yang paling mengejutkan adalah poin ini. Ternyata sinar biru dari ponsel tidak hanya akan merusak mata hingga menyebabkan kebutaan saja. Akan tetapi sebuah studi telah mengonfirmasi bahwa ada korelasi atau hubungan yang jelas antara paparan cahaya biru dengan meningkatnya beberapa jenis kanker, diabetes, penyakit jantung, dan obesitas. Wow!

Dalam beberapa kasus, mata berusia 35 tahun akan berubah redup dan sayu serta lebih menyerupai mata pada usia 75 tahun. Ini semua akibat paparan sinar biru yang terlalu instens sepanjang malam.